Sabtu, 27 Oktober 2012

ASINAN KELUBI





Buah Asinan Kelubi Bangka Kuliner Bangka - Bangka Belitung terkenal dengan buah asinan, namun asinan kelubi ialah jenis buah-buahan langka yang hanya hidup dihutan pulau bangka, buah yang asam kecil mungil yang kulitnya menyerupai buah salak masyarakat bangka menyebutnya buah kelubi.

Asinan buah kelubi memang bentuk buahnya hampir menyerupai bentuk salak bahkan pohon buah kelubi hampir mirip dengan pohon salak, dengan buah warna coklat hitam dan rasnya yang khas sangat asam nah untuk menghilangka rasa asam kecut diasinkan terlebih dahulu cara pengolahan asinan buah kelubi ini lah banyak warga bangka yang menjadikan pendapatan tambahan karena olahan asinan buah kelubi dijual ditoko-toko oleh khas bangka.

Buah asinan kelubi ini merupakan buah dari tumbuhan jenis ” Famili Arecaceae ” yang hidup dihutan rawa, untuk satu kilogram buah asinan kelubi dibanderol dengan harga 10-20000 perkg ditoko2 minimarket unutk ditoko-toko tradisional perbiji nya dibanderol 250 rupiah perbijinya, buah asinan kelubi bangka kuliner bangka.

Tekstur kulit keras dan lebih tebal daripada kulit salak ini sangat digemari oleh warga bangka unutk dijadikan cemilan sehari2 dan biasanya para travelling membawa oleh-oleh buah ini buah  lebih kecil daripada salak, berdiameter 3—5 cm. dengan satu tandan besar berisi 300—400 buah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar