Sabtu, 27 Oktober 2012

BAKMI BANGKA

Menu bakmi nampaknya menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian besar orang. Makanan yang juga dikategorikan pengganti nasi ini sangat mudah didapatkan di mana saja. Bagi yang doyan makan mie, banyak dari mereka yang memang sengaja “hunting” untuk mencicipi menu makanan yang berasal dari China ini. Tidak heran jika kebanyakan mie atau bakmi yang dikategorikan enak dikelola orang yang asalnya dari ChinaBakmi Bangka  memiliki ciri khas bakmi dengan kuah terpisah. Isi kuah ini terdiri dari caisim, bakso, pangsit kuah atau tahu. Sedangkan untuk mie, toping ayam dan bawang goreng nan renyah pasti langsung membuat lidah ingin bergoyang. Tektur rasa mie nya sendiri sangat lezat. Padanan mie yang lembut berpadu menjadi satu dengan racikan bumbu yang nikmat. Untuk karakternya sendiri bisa dipesan sesuai keinginan, yakni manis, asin ataupun sedang.

Sebagai salah satu makanan favorit saya, mie saya bagi dalam dua kategory kelas:
  1. Mie bangka
  2. Mie ayam (including Yamien)
 
Kenapa begitu? karena menurut saya mie ayam dan mie bangka adalah jenis makanan yg berbeda, seperti mie bakso dengan mie goreng, kebetulan aja penampakannya mirip. Dari rasa, sudah beda jauh menurut saya. Jadi gak bisa dibandingkan secara “Apple to apple”.
Mie bangka punya cita rasa unit, asin agak manis-manis walau belum pake kecap manis. irisan daging ayamnya berbeda dg mie ayam yang kayak di suir-suir tapi dicincang. yang membuat rasanya beda, waktu sambel itu dicampur ke mie dan kuahnya. Wahhh…. gak kebayang deh, mau makan lagi kalo inget-inget ….
Kalo mie ayam umumnya gak pake toge, tapi beberapa ada yang modifikasi jadi pake toge. Secara penampilan, memang mirip sama mie ayam, tapi begitu dirasain, baru ketahuan bedanya!
Rasanya? Manis…asin… kriuk-kriuk togenya… mienya biasanya gak garing… trus dagingnya banyak kayaknya pakai kuah kaldu kental… temennya adalah bakso dan pangsit. Satu lagi yang akan membuatnya dashyat! waktu pangsit basah itu di masukin ke mie sama kuah, dikasih kecap manis… dikittt aja biar gak merusak rasa aslinya, kecap asin, saos sambel, saos cabai, kalau ada cabai iris juga boleh… kadang ada yg menyediakan… diaduk-aduk

2 komentar:

  1. bagi-bagi resep mie bangka asli dong bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ane kgak tau gan, tkut slah kasih info

      Thanks kunjunganya

      Hapus